Kamis, 21 November 2013

Emas Batangan Senilai Rp 13 M Ditemukan di Toilet Pesawat

 Puluhan emas batangan ditemukan di dalam toilet sebuah pesawat di India. Emas batangan tersebut ditaksir bernilai lebih dari 70 juta rupee atau setara Rp 13 miliar. Wow!

Temuan ini terjadi di dalam pesawat milik maskapai Jet Airways yang baru mendarat di bandara Kalkuta, India pada Selasa (19/11). Saat itu, pesawat tersebut tengah dibersihkan oleh petugas kebersihan.

Pesawat tersebut diketahui baru terbang dari kota Patna, namun sebelumnya pernah digunakan dalam beberapa penerbangan internasional.

"Petugas bersih-bersih di bandara tengah melakukan tugas rutinnya dan menemukan ada dua tas di dalam toilet pesawat," terang Direktur Bandara Kalkuta, BP Mishra seperti dilansir AFP, Rabu (20/11/2013).

Saat diperiksa lebih lanjut, ternyata tas tersebut berisi emas batangan. Total ada 24 buah emas batangan yang diduga sengaja diselundupkan ke India.

"Belum diklaim oleh siapapun. Belum ada penangkapan yang dilakukan," tutur petugas bea cukai bandara, RS Meena.

Meena memperkirakan emas batangan tersebut bernilai 70 juta rupee atau sekitar Rp 13 miliar.

Sepanjang tahun ini, aksi penyelundupan memang semakin marak di India. Terutama setelah bea masuk untuk barang impor ke negara tersebut naik hingga tiga kali lipat. Kebijakan tersebut sengaja diterapkan pemerintah India demi menekan masuknya logam mulia dari luar negeri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar