Selasa, 26 November 2013

Inilah Rute Pesawat Terpanjang di Dunia

Sebelumnya, rute pesawat langsung terpanjang di dunia adalah dari Singapura ke New York. Namun rute ini ditutup, sehingga kini ada rekor rute terpanjang yang baru. Berapa lama perjalanannya?

Penerbangan Singapore Airlines SQ 21 menjadi pesawat terakhir yang melayani penerbangan langsung terpanjang di dunia. Dari News.com, Selasa (26/11/2013), rute langsung dari Singapura ke New York, AS, ini telah aktif selama 9 tahun.

Namun karena kenaikan harga bahan bakar, beberapa rute langsung pun terpaksa ditutup, termasuk rute terpanjang di dunia. Rute lain yang ditutup oleh Singapore Airlines (SIA) adalah rute langsung dari Singapura ke Los Angeles.

Sebenarnya, penutupan layanan ini telah diumumkan sejak tahun lalu. 5 Airbus A340-500 yang digunakan SIA telah diganti dengan Airbus A380 superjumbo yang lebih besar namun hemat bahan bakar.

Sayangnya, pesawat jenis ini tidak didesain untuk rute yang sedemikian jauh. Alhasil, rute langsung pun ditutup, diganti dengan sekali berhenti. Rute Singapura-New York tetap aktif, namun dengan sekali pemberhentian di Frankfurt, Jerman.

Dengan ditutupnya rute langsung terpanjang di dunia, beberapa rute lainnya pun menjadi kandidat yang terpanjang. Rute Dubai-Houston, Dubai-Los Angeles dan Johannesburg-Atlanta menjadi beberapa pilihannya. Di mana penerbangan ini berlangsung selama 16 jam 20 menit.

Namun sementara itu, penerbangan Qantas dari Sydney ke Dallas akan menjadi rute langsung terpanjang. Penerbangan ini memiliki durasi 15 jam dan 20 menit.

                        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar