Selasa, 19 November 2013

Kata Adhyaksa Dault: Hambalang Itu Tempat Jin Buang Anak

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault mendapat laporan dari timnya pada tahun 2005 bahwa kontur tanah di bukit Hambalang ekspansif dan lempung. Sehingga hanya bisa membuat bangunan dua lantai, tidak lebih.

"Jadi kalau dibuat maksimal dua lantai ke atas, dua lantai ke bawah karena dibawahnya air semua (sungai). Laporan yang saya terima, tanah itu miring," kata Adhyaksa saat bersaksi untuk terdakwa Deddy Kusdinar di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa 19 November 2013.

Proyek Hambalang kata Adhyaksa, semula dengan konsep memindahkan sekolah olah raga di Ragunan dengan anggaran awal senilai Rp125 miliar. Namun apa yang terjadi saat ini sudah jauh melenceng dari konsep awal dan kajian tanah Hambalang.

"Ini berubah jadi Rp2,5 triliun saya kaget. Bisa bikin Istora itu, siapa yang  mau nonton disana? Itu tempat jin buang anak," kata dia.

Sebelumnya, saksi Ida Nuraida selaku konsultan awal Hambalang menuturkan hal serupa. Menurut Ida, kontur tanah Hambalang tak bisa digunakan buat membangun gedung dengan tinggi di atas dua lantai. Sebab, kontur tanahnya tidak stabil dan mudah longsor. (umi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar