Senin, 18 November 2013

Hari ini hujan Meteor sirami bumi

Siklus tahunan hujan meteor Leonid berlanjut nanti malam. Diperkirakan, hujan meteor paling terang di akhir tahun ini akan bisa dilihat langsung dari bumi mulai petang nanti.

Seperti yang dilansir LA Times (17/11), hujan meteor ini terjadi mulai minggu malam kemarin di Amerika Serikat atau saat ini di Indonesia. Hal ini sendiri bisa dilihat secara langsung lewat Slooh.com.

Hujan meteor Leonid terjadi tiap November ketika bumi melewati sekumpulan debu angkasa yang tersisa dari komet Tempel-Tuttle. Serpihan ekor komet yang membeku tersebut terpapar sinar matahari tiap 33 tahun sekali dan menyebabkan debunya tersebar di angkasa.

Tahun lalu, seperti yang dilansir Huffinton Post (12/11), setiap jamnya, Leonid menembakkan 10 sampai 15 meteor yang terlihat dari bumi. Seperti halnya Perseids, Leonids juga nampak seperti hujan meteor yang deras atau disebut juga Shooting Star.

Meteor-meteor yang radiant-nya berasal dari konstalasi Leo ini adalah pecahan dari komet Temple-Turtle. Setiap tahunnya, Leonids akan melakukan perjalanan sejauh 45 mil untuk menghibur jutaan pasang mata di bumi. Para astronom mengatakan bahwa kekuatan meteor-meteor Leonids tidak terlalu kuat untuk dapat menembus lapisan atmosfer bumi. Di tahun 2013 mendatang, kemungkinan Leonids akan kembali muncul pada tanggal 17 November



Tidak ada komentar:

Posting Komentar