Rabu, 04 Desember 2013

Tindik Lidah Bisa Bantu Orang-Orang Lumpuh Gerakkan Kursi Roda....??

Teknologi baru tindik lidah dapat membantu orang-orang lumpuh mengendalikan kursi roda yang mereka gunakan.

Anting yang disematkan pada lidah ini bukanlah anting biasa. Namun anting magnetik yang bertindak sebagai ‘joystick’ yang terhubung langsung dengan chip pengendali kursi roda.

Para penderita kelumpuhan yang menggunakan alat ini, cukup menggerakkan lidah mereka untuk mengendalikan kursi roda yang mereka pakai.

Para peneliti dari Georgia Tech, Atlanta, AS, melaporkan bahwa 11 orang yang lumpuh dari leher ke bawah dengan cepat belajar menggunakan alat lidah itu untuk mengendalikan kursi rodanya melewati jalan yang penuh putaran dan belokan, demikian lansir kantor berita AP.

“Alat ini sangat dahsyat karena sangat intuitif. Pertama kali melakukannya, orang-orang mengira saya sudah memakai kursi roda bertahun-tahun, ujar Jason DiSanto, seorang pasien penderita kelumpuhan yang mendapatkan alat itu di lidahnya sebagai percobaan.

Percobaan yang dimuat dalam jurnal Science Translational Medicine ini merupakan langkah awal dari penggunakan alat tersebut secara luas.

Tim ilmuwan mengatakan, berbagai studi yang lebih besar dalam kondisi dunia nyata masih diperlukan sebelum alat ini bisa dijual. [mor]





Tidak ada komentar:

Posting Komentar