Rabu, 25 Desember 2013

Mirip Bumi, Kutub Utara Planet Mars Dipenuhi Salju

Mirip Bumi, Kutub Utara Planet Mars Dipenuhi Salju

Direkam dari pesawat ruang angkasa yangmengorbit di Planet Mars.


Sebuah video animasi 3D yang direkam dari pesawat ruang angkasa saat mengorbit di Planet Mars menunjukkan, di belahan utara Mars dipenuhi salju. Sangat mirip dengan Bumi.

Melansir Space, Rabu 18 Desember 2013, video mengenai keadaan dari kutub utara Planet Merah mengacu dari data Mars Express Probe European Space Agnecy, yaitu sebuah pesawat ruang angkasa yang sudah mengorbit di Mars selama satu dekade.

"Sama seperti Bumi. Belahan utara Mars juga beku seperti di kutub. Tapi, kandungan es di sana terbuat dari air beku dan karbondioksida, atau dikenal sebagai 'es kering'," kata seorang pejabat Badan Antariksa Eropa (ESA).

Luas permukaan yang tertutup es di bagian utara planet Mars itu berdiameter sekitar 621 mil atau setara 1.000 Km. Kutub utara Mars terdiri dari lapisan es yang tipis dan bercampur dengan debu. Para peneliti yakin kedalaman endapan debu sekitar 2 Km.

Selain ditemukan lapisan es, pesawat ruang angkasa itu berhasil menemukan sebuah ngarai atau lembah curam yang diberi nama Chasma Boreale. Panjang lembah itu sekitar 318 Km. Kemungkinan terbentuknya lembah disebabkan terpaan angin yang sangat kuat.

Pesawat Mars Express diketahui sudah dilengkapi radar untuk melihat keadaan bawah tanah dengan menggunakan gelombang radio frekuensi rendah. Gelombang itu mampu menembus lapisan bawah planet Mars.

"Fungsi dari radar itu melihat keadaan permukaan Mars dan melihat apakah di dalamnya terdapat baru, air, atau es," kata pejabat ESA.

Pesawat Mars Express adalah pesawat ruang angkasa pertama ESA yang dibuat untuk mengeksplorasi planet lain. Selain melakukan pemetaan es di Mars, pesawat juga mampu mendeteksi kandungan atmosfer dan menentukan lokasi pendaraan kendaraan robotik Mars Curiosity milik NASA.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/12/18/233620_cuplikan-video-animasi-3d-planet-mars_663_382.jpg
Cuplikan video animasi 3D planet Mars


Sumber :http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/467194-video--mirip-bumi--kutub-utara-planet-mars-dipenuhi-salju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar